Daun Bahagia (Dieffenbachia maculata)

BPJS Kesehatan KC Bogor
Belum genap setahun, Green Saujana Nursery dikontrak lebih dari 10 perusahaan.
April 30, 2017
Show all
daun bahagia

Daun bahagia merupakan semak pendek berdaun indah. Secara umum keluarga dieffenbachia batangnya tidak memiliki zat kayu. Tanaman ini tidak mempunyai cabang kecuali bila sengaja dipotong. Keluarga tanaman ini memiliki banyak jenis, dengan bentuk, warna dan daun yang masing-masing berbeda.

d8cc1fab4e2107bd73ca4804c3678945                     Daun Bahagia

Tanaman  ini merupakan tanaman yang toleran terhadap naungan. Artinya, tanaman ini dapat tumbuh di dalam ruangan (indoor) atau  di bawah naungan pohon yang masih mendapatkan sedikit sinar matahari. Daun bahagia tumbuh dengan baik di dataran rendah. Tanaman ini membutuhkan banyak air, sehingga perlu disiram pagi dan sore, namun jangan sampai tergenang air karena akarnya akan cepat membusuk.  Daun bahagia lebih cocok ditanam di tanah yang gembur dan berpasir.

Sebagai tanaman indoor, tanaman perlu pot yang cukup besar dan perlu diberi penopang pada batangnya. Jika tanaman ini bertambah tinggi, batangnya tak cukup kuat untuk menyangga semua daun. Tanaman ini dapat diperbanyak dengan cara potong menyerong salah satu batangnya, kemudian segera tanam di media gembur.